Blogroll

Senin, 01 Juli 2013


Pengertian
Speccy adalah sebuah System Information tool tingkat tinggi untuk PC / laptop kita yang digunakan dari berbagai fungsi yang ada dalam komputer dan secara garis besar berguna untuk mengetahui apa saja yang berada dalam komponen komputer baik perangkat keras atau "Operating System".



Kelebihan
1.        Bisa melihat keadaan Hardisk, VGA dan Processor.
2.        Mampu mendeteksi spesifikasi komputer dengan cermat dan detail sehingga kita tau persis spek komputer yang kita miliki apakah sesuai dengan yang kita beli atau tidak karena tidak menutup kemungkinan juga kan kita kena tipu oleh penjual yang mengatakan spek nya ini itu padahal tidak sesuai dengan yang dibicarakan (bukan bermaksud sinis lo ama tukang jual komputer). untuk itu Jangan sampai kita semua tertipu karena tidak tau persis isi komputer anda.
3.        Pedeteksian temperatur masing-masing komponen, seperti Prosesor, VGA, Hardisk dll. Dengan mengetahui temperatur masing-masing komponen di dalam komputer, praktis kita dengan mudah untuk mengetahui berapa besar panas dari komponen tersebut dan kita bisa megetahui persis komponen mana yang mengalami kerusakan karena OVERHEATING. Misalnya jika kita melihat temperatur dari sebuah prosesor jika panasnya/temperaturnya semakin naik dan tidak turun berarti Fan yang ada diprosesor tidak bekerja dengan baik bisa jadi lemah atau mati,dampaknya komputer bisa cepat hang atau melambat.Setelah mengetahui tentunya kita bisa pasti dan mengganti spare part dengan tepat dan cermat.
4.        Kita juga bisa melihat secara detail kerja/speed prosesor yang kita gunakan dengan cara mengklik detail dari prosesor yang tampil disana.Demikian dengan komponen-komponen yang lain.
Kekurangan
1.        Windows tidak dapat memulai karena berkas berikut hilang atau rusak : Windows \ system32 \ speccy.exe.
2.        Jika Aplikasi ini tidak ditemukan untuk memulai dikarenakan  speccy.exe gagal.
3.        Kekurangan RAM
4.        Rusak atau tidak valid cpp file atau suhu folder.


Pendapat
Dalam hal ini saya akan menerangkan bagaimana tentang speccy itu. Sebagai pemilik komputer, kita belum tentu mengetahui dengan detail spesifikasi hardware atau komponen apa saja yang terpasang di komputer kita.
Pada tampak visual anda bisa saja mendapat kan informasi ini pada 'tag' yang terpasang pada perangkat keras anda seperti: Merk dan jenis prosesor, Kapasitas dari hardisk dan kecepatannya, Kapasitas memori fisik (RAM), kartu grafis yang anda gunakan serta Perangkat Operating System yang anda gunakan
Secara garis besar anda mungkin sudah mengetahui komponen dasar dari komputer, seperti apa nama prosesor ( AMD atau Intel), jenisnya ( Celeron, Athlon atau Pentium), Banyak nya RAM yang terpasang pada "motherboard", dan besar nya kapasitas dari "hardisk".
Disini Speccy berfungsi secara elektronik untuk membaca tag-tag tersebut pada perangkat komputer, sehingga walaupun detil tag pada perangkat keras sudah terhapus anda masih bisa mengetahuinya secara elektronik.
Speccy akan memberikan statistik secara rinci mengenai setiap komponen perangkat keras yang ada dikomputer anda seperti CPU, motherboard, RAM, Hard disk, Kartu Grafis, Drive optik dan dukungan audio yang ada di komputer anda. Sebagai tambahan piranti lunak ini juga memberikan keterangan mengenai suhu komponen pada komputer anda.
Speccy bukan hanya dibutuh kan oleh seorang Administrator atau pengguna bertingkat Advance, keterangan keterangan dan informasi - informasi yang speccy berikan dapat juga berguna bagi pengguna awam untuk mengetahui kondisi komputer yang sedang digunakan.
Speccy menyediakan data detail semua hardware pada komputer. Termasuk CPU, Motherboard, RAM, Graphics Cards, Hard Disks, Optical Drives, Audio support. Sebagai tambahan Speccy menambahkan data temperatur beberapa komponen, berguna banget buat kita untuk memonitor kondisi hardware. Data ini bisa kita gunakan sebagai tindakan preventif, sehingga maintain bisa segera dilakukan. Speccy bisa digunakan oleh system administrator atau oleh power users. Tetapi, Speccy juga bisa dipakai oleh normal user, di semua level penggunaan komputer.
Kebanyakan pengguna komputer hanya sekedar menggunakan tanpa mengetahui lebih jauh tentang spesifikasi hardware dari komputer, padahal hal tersebut sangat penting. Informasi hardware dapat dijadikan rujukan ketika kita akan mengupgrade sebagaian dari hardware yang ada seperti memory (RAM), VGA, Sound Card, motherboard dan sebagainya. Sebab jika dilakukan asal2 asalan maka akan membebani komponen lainnya sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada keseluruhan komputer.
Informasi hardware juga sangat penting ketika suatu komponen mengalami kerusakan. Kita akn mudah mencari penggantinya dengan menggunakan data spesifikasi yang ada pada hardware tersebut sehingga tetap kompatibel dengan komponen lainnya.
Jika kita mau menambahkan memory ke PC kita, sebagai contoh, kita bisa memeriksa berapa banyak sisa memory slot yang tersedia di komputer dan jenis memori apa yang sudah terinstal. Udah itu kita tinggal keluar dan beli memori yang tepat untuk menambah atau me-replace memori yang kita punya. 

Nama               : Regi Andani Syukur
NIM                : 10511095
Bahasan           : SPECCY

0 komentar:

Posting Komentar